Selasa, 16 April 2013

Cara belajar yang efektif | pakah

Sepertinya hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bagi sebagian besar siswa, hal ini menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan. Memulai untuk belajar menjadi lebih sulit dari yang Anda pikirkan. Menemukan tempat untuk duduk dan membuka buku-buku Anda tidak akan cukup. Begitu mengambil buku, di kepala Anda berpikir, ini akan menjadi malam yang panjang. Anda harus membaca, berpikir, mengingat, mengulangi, menggaruk-garuk kepala, mengacak-ngacak rambut saat menemui kesulitan soal, atau kadang menangis kecil.. Tapi jika Anda seperti saya, setelah Anda mulai, itu tidak akan begitu buruk. Bagi saya, saya pasti baik-baik saja selama saya mengerti apa yang saya lakukan. Saat merasa  kebingungan, saya merasa frustrasi, itu akan menjadi waktu untuk istirahat.
Saya telah membahas tentang istirahat sejenak, mari kita kembali ke awal. Ambilah tempat duduk, dan mulai belajar. Jangan menunda dengan terus-menerus mengecek Facebook, email, ponsel Anda untuk terakhir kalinya, atau mencoba untuk mengatur ulang buku-buku di rak atau sejenisnya. Hanya mengambil yang diperlukan  dan mulai. Jika Anda berada di keadaan selama sepuluh menit, mode belajar, seperti mode “ON” pada sebuah mesin, telah dinyalakan. Percayalah, itu benar-benar bekerja. Ini hanya akan memakan waktu 10 menit bagi Anda untuk mendapatkan kepala Anda dalam permainan, setelah itu, Anda benar-benar di situasi belajar setidaknya satu jam atau lebih.

Memerlukan Istirahat
Hal ini mungkin jelas bagi Anda, tetapi sekali lagi, itu tidak bisa. Istirahat belajar juga penting karena membantu mengistirahatkan dan menyegarkan pikiran , membiarkan Anda menyerap semua informasi yang anda kumpulkan dari belajar. Selain belajar, istirahat panjang ketika Anda melakukan pekerjaan rumah Anda karena membantu dan pikiran Anda rileks. Namun, hal-hal yang perlu Anda ingat tentang istirahat.

• Anda dapat mengambil istirahat setelah 45-60 menit belajar terus-menerus, dan istirahat Anda tidak boleh lebih dari 15 menit. Jika lebih dari itu dan Anda mungkin telah mematikan 'mood belajar' dan mengulangi mesin Anda akan menjadi jauh lebih sulit.
• Bersikaplah tegas tentang jadwal istirahat Anda, jangan mendahului lima menit istirahat dari waktu karena Anda tidak ingin mempelajari bab baru. Jika Anda menyelesaikan bab lima menit sebelum waktu selesai, jangan istirahat, tapi sebaliknya meninjau bab.
• Hindari makan banyak / berat ketika Anda istirahat. Sesuatu seperti yoghurt atau buah-buahan dapat membantu, tapi selama itu makanan ringan maka itu baik-baik saja. Jika Anda makan banyak atau mengandung daging, tubuh Anda harus mencerna makanan itu, dan banyak energi dan oksigen ditujukan kepada lambung untuk mencerna makanan, dan mengurangi energi dan oksigen ke otak, dan itu bisa melelahkan Anda, bahkan membuat Anda mengantuk.
• Hindari makanan/minuman bergula. Anda mungkin memicu energi Anda tetapi kemudian Anda akan loyo, jauhkan diri dari cokelat dan sejenisnya.
• Berhenti memeriksa Facebook Anda setiap saat dan seterusnya. Istirahat adalah relaksasi, dan bukan selingan atau gangguan baru. Jika Anda mengalihkan pikiran Anda pada hal-hal lain, maka akan sulit untuk kembali belajar, dan Anda akan memiliki kesulitan seperti yang Anda lakukan ketika Anda baru saja mulai.
• Hirup udara segar - itu akan menjadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika Anda beristirahat. Ini baik untuk otak Anda karena membantu otak Anda rileks dan menghilangkan semua stres dari belajar.

MENEMUKAN TEMPAT YANG TEPAT UNTUK BELAJAR

Tidak peduli apa yang orang akan katakan, tapi cara terbaik untuk belajar adalah dilakukan sendiri. Saya tidak asing untuk belajar kelompok. Ini tidak stres, dan mungkin bahkan lebih menyenangkan, tetapi Anda harus mengakui bahwa jumlah waktu belajar yang berkualitas berkurang dibandingkan dengan belajar sendiri. Jika Anda belajar dengan teman-teman Anda, Anda hanya akan berakhir mengobrol tentang hal-hal lain dan sebelum anda sadari, Anda telah berbicara tentang pasangan terbaru di sekolah selama satu jam. Jika salah satu anggota kelompok merasa lapar, maka kalian semua akan merasa bahwa Anda juga harus mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Ketika seseorang ingin istirahat, setiap orang juga akan mengikuti. Saya yakin Anda tahu apa yang saya maksud.
Ketika datang ke tempat itu, pastikan untuk belajar di tempat yang cukup luas dan memiliki pencahayaan yang baik. Sulit untuk berkonsentrasi saat Anda sedang berada dalam sebuah ruangan suram. Tempat yang nyaman dan tenang akan menjadi sempurna bagi saya, namun itu tidak terlalu buruk jika latar belakang bising. Biasanya, ketika Anda berada di situasi belajar, Anda dapat memblokir latar belakang kebisingan apapun di dalam ruangan. Hanya untuk berada di sisi yang aman, menemukan tempat yang tenang, jauh dari orang-orang atau gangguan seperti TV atau radio. Selalu kembali ke tempat itu ketika Anda memerlukan waktu untuk belajar, Anda akan terbiasa.

WAKTU TERBAIK UNTUK BELAJAR?

Tidak ada waktu tertentu yang langsung membuat tubuh Anda masuk ke suasana belajar. Itu semua akan tergantung pada Anda, beberapa orang adalah makhluk “malam” yang dapat berkonsentrasi belajar ketika orang lain sedang tidur. Lainnya seperti ketika matahari bersinar terang sehingga mereka ingin melakukannya pagi-pagi atau pada sore hari. Pastikan bahwa Anda telah beristirahat cukup ketika Anda belajar (meskipun mustahil kelihatannya). Jika Anda masih merasa mengantuk bahkan jika Anda cukup waktu tidur, lakukan beberapa latihan ringan untuk memompa darah Anda. Kadang-kadang, Anda  harus melepaskan diri dari situasi lesu. Pastikan Anda telah makan cukup tetapi juga ingat untuk tidak makan berlebihan. Perasaan kembung tidak pernah membuat nyaman saat belajar. Pada akhirnya, ini tentang tidur, olahraga, dan makan sehat.

AKANKAH BURUK MENDENGARKAN MUSIK SAAT BELAJAR?

Ini akan menjadi keputusan pribadi. Saya tidak tahan mendengarkan semua jenis musik ketika saya belajar, bahkan musik lambat, klasik atau instrumental. Saya suka musik dan saya suka mendengarkannya setiap kali saya mengemudi, berjalan, mandi, atau sebagai pengantar tidur saya. Tapi ketika saya belajar, itu bisa menjadi pengalih perhatian. Mendengarkan musik dan belajar akan dianggap multi-tasking. Bagi orang lain, musik membantu mereka memecahkan masalah matematika, penelitian juga mengungkapkan bahwa musik klasik membantu  pikiran untuk fokus saat belajar atau melakukan pekerjaan rumah Anda. Jika Anda termasuk orang-orang yang tidak terganggu oleh musik saat belajar lakukan saja, karena jika tidak, jangan lakukan.
SAYA SUDAH BERUSAHA SEGALANYA DAN MASIH TIDAK BISA FOKUS

Jika Anda telah mencoba belajar pada waktu yang berbeda dalam lingkungan yang berbeda, dan Anda tahu Anda telah beristirahat dengan baik dan Anda telah istirahat sejenak di antara waktu belajar, tapi masih tidak berfungsi, Anda perlu menemui dokter atau konselor. Anda bisa memiliki beberapa bentuk kondisi psikologis. Ini mungkin tidak menjadi sesuatu yang serius tapi mungkin Anda hanya memiliki beberapa jenis gangguan pribadi yang selalu tampak mengganggu konsentrasi Anda. Jangan merasa malu mencari beberapa tenaga profesional kesehatan. Masa depan Anda adalah pada jalan ini dan banyak orang memilih untuk tidak mencari bantuan ketika mereka seharusnya memerlukan. Anda perlu mencari tahu masalah yang sebenarnya jika Anda ingin memiliki kekuatan belajar yang baik.

 http://erabaru.net/kehidupan/41-cermin-kehidupan/32046-cara-untuk-belajar-yang-efektif

0 komentar:

Posting Komentar